Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Ratu Jaya
Puskesmas
  • Puskesmas Ratu Jaya
  • Informasi Kesehatan
2021-02-01 14:34:09

COVID 19 di Indonesia

Baru-baru ini ditemukan penyakit menular yang disebabkan oleh Virus corona yaitu COVID-19. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga berat. Gejala ringan dan sedang akan pulih tanpa penanganan khusus, tetapi jika gejala COVID-19 berat bisa menyebabkan kematian. 

Gejala Coronavirus bervariasi, mulai dari flu biasa hingga gangguan pernapasan berat menyerupai pneumonia. Gejala Corona yang umum dialami mereka yang mengalami infeksi coronavirus adalah Demam tinggi disertai menggigil, Batuk kering, Pilek, Hidung berair dan bersin-bersin, Nyeri tenggorokan, Sesak napas. Gejala virus corona tersebut dapat bertambah parah secara cepat dan menyebabkan gagal napas hingga kematian. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) gejala infeksi virus 2019-nCoV dapat muncul mulai dua hari hingga 14 hari setelah terpapar virus tersebut.

Virus yang menyebabkan COVID-19 terutama ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. Droplet ini terlalu berat dan tidak bisa bertahan di udara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lainnya. Dapat tertular saat Anda menghirup udara yang mengandung virus jika Anda berada terlalu dekat dengan orang yang sudah terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Angka Covid-19 Di Indonesia bulan Februari 2021 sudah mencapat 1,08 juta kasus positif, 873 ribu sembuh dan 29.998 meninggal dunia

Cara terbaik untuk menghindari penyakit infeksi coronavirus adalah melakukan tindakan pencegahan secara aktif. Tetap patuhi protokol kesehatan yaitu 3M : Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak. Dan jangan lupa juga untuk tetap menjaga nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, minum air putih dalam jumlah cukup, dan istirahat cukup juga dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari infeksi virus corona.



Download File